.

.
.

24 September 2016

TAHUN 2017 TUJUH PILKADA DIGELAR DI JATENG


Semarang - Tahun 2017 di Provinsi Jawa Tengah akan dihgelar tujuh  Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak yang dijadwalkan pencoblosannya dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017.

Dari tujuh kabupaten/kota di Jateng yang menggelar Pilkada serentak tersebut semuanya telah melaksanakan tahapan penerimaan Pendagtaran calon kepala Daerah yang ditutup pada Jum'at (24/8) tengah malam, hanya Pilkada Pati yang diikuti satu pasang calon, yakni Haryanto-Saiful Arifin yang diusung PDIP, Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS, dan PPP dengan jumlah 46 kursi.

Ketua KPU Provinsi Jateng Joko Purnomo ketika dikonfirmasi Sabtu pagi mengatakan, karena hanya satu bakal calon yang mendaftar, maka pendaftaran sesuai aturan dann mekanisme di KPU maka diperpanjang sampai tanggal 29 Septembe 2016r. KPU memberikan waktu selama 24-26 September untuk sosialisasi, kemudian perpanjangan pendaftaran dilaksanakan 27-29 September.

Sementara itu,  Sebanyak 17 bakal pasangan calon kepala daerah telah mendaftar secara resmi sebagai kandidat pilkada serentak yang akan dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota pada Februari 2017.

"Hingga batas akhir pendaftaran Jumat (23/9/2016) pukul 00.00 WIB, tercatat ada 17 bakal pasangan calon kepala daerah yang akan maju pilkada di tujuh kabupaten/kota," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo saat dihubungi di Semarang, Sabtu (24/9/2016).


Pilkada Cilacap punya tiga pasang calon, yakni Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Auliya Rahman yang diusung Golkar, PKB, PAN, Demokrat (25 kursi), Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky yang merupakan jagoan PDIP dan PPP (15 kursi), dan Fran Lukman- Bambang Sutanto yang diajukan Gerindra dan PKS (10 kursi).

Pilkada Brebes akan diikuti dua pasang calon, yakni Idza Priyanti-Nardjo yang diusung PDIP, PKB, Golkar, PAN, Demokrat, PPP, Hanura (39 kursi) dan Suswono-Akhmad Musttaqin yang dicalonkan oleh PKS dan Gerindra (11 kursi)

Di Jepara, dua pasang calon yang maju, yakni Subroto-Nuryahman dan Ahmad Marzuki-Dian Kristiandi. Subroto yang merupakan wakil bupati Jepara dan Nur Yahman, pengusaha mebel, diusung Partai Gerindra, Golkar, PPP, PKB, Nasdem, PAN, PKS, Demokrat, dan Hanura yang memiliki total 40 kursi. Ahmad Marzuqi (bupati petahana yang juga Ketua DPC PPP) dan Dian Kristiandi (ketua DPRD) diusung PDIP dengan 10 kursi.

Di Batang, empat pasang calon yang mendaftar, yakni Wihaji-Suyono yang diusung Golkar dan PPP (9 kursi), Burhan-A Arini diusung PKB dan Nasdem (11 kursi), Lafran-NS Urip diusung Gerindra dan PDIP (15 kursi), serta satu pasang lagi sedang dalam proses pendaftaran. “Pasangan keempat, kami belum tahu siapa, karena masih dalam proses,” ujar Joko.

Sementara itu, di Kota Salatiga ada dua pasang calon, yakni Yuliyanto-Muh Haris yang diusung PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, Nasdem (15 kursi), dan Agus Rudianto- Dance Ishak Palit yang diajukan PDIP dan PKB (10 kursi).

Di Banjarnegara ada tiga pasang calon, yakni Budhi Sarwono-Syamsudin yang diusung Golkar, PPP, Demokrat (15 kursi), Wahyu Kristianto-Saeful Muzad yang diajukan PAN dan PDIP (12 kursi), serta Hadi Supeno-Nur Heni Widayanti yang diusung PKS, PKB, Nasdem, Gerindra (18 kursi).