.

.
.

23 Maret 2016

PKB Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional Untuk Santri

SEMARANG - Untuk membangkitkan kembali semangat generasi muda dalam mempelajari kitab-kitab klasik atau salaf karya para Ulama, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), akan menggelar lomba membaca 'Kitab Kuning' untuk kalangan santri tingkat nasional.

Kitab kuning merupakan kitab berbahasa Arab karya Ulama terdahulu yang biasa dikaji oleh para santri di lingkungan pondok pesantren Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua DPW  PKB Jawa Tengah, KH. Muhammad yusuf Chudlori  menjelaskan, Musabaqoh Qiroah Kitab Kuning ini akan digelar dari tingkat kabupaten/kota mulai 2 April 2016 mendatang. Selanjutnya akan diambil empat pemenang antaralain dua laki-laki dan dua perempuan dri setiap zona ke tingkat provinsi, kemudian ke tingkat nasional.

"Kitab yang dibaca adalah Ihya Ulumuddin yang adalah masterpiece karya Imam Al Ghazali, yang saat ini sedang dibutuhkan bangsa Indonesia," kata Gus Yusuf saat menggelar jumpa pers di kantor DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah  Jalan Pamularsih Raya No 9   Semarang, Rabu (23/3/2016) sore.

Untuk Jawa Tengah, proses penyisihan dibagi menjadi empat zona, antara lain Zona I dipusatkan di Ponpes Al Fadlu Kendal yang meliputi 11 Kabupaten/Kota di Pantura wilayah timur. Zona II dipusatkan di Ponpes Al Hikmah Brebes yang meliputi Pantura wilayah barat.

Zona III dipusatkan di Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, meliputi 13 Kabupaten wilayah Jateng selatan bagian timur. Zona IV dipusatkan di Ponpes Al Ihya Ulumaddin Cilacap, meliputi beberapa kabupaten wilayah Jateng selatan bagian barat. (irf)