.

.
.

16 September 2015

Kemedes PDTT Ambil Alih Kendali Penyaluran Dana Desa


Jakarta, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mengambil alih kendali penanganan penyaluran dana desa.

"Pihaknya akan mengambil alih kendali karena surat keputusan bersama (SKB) tiga kementerian untuk mengatur penyaluran dana desa ke daerah-daerah yang disepakati kementeriannya bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri justru memperlambat koordinasi penyaluran dana desa," kata Menteri Desa PDTT, Marwan Jafar, (selasa 15/9).

Pada prinsipnya, kata Marwan, penyerapan dana desa relatif diambil kendali karena memang kalau pihaknya mengandalkan lintas koordinasi tiga kementerian cenderung lambat.



Terkait hal tersebut, menurut Marwan, Presiden telah memutuskan bahwa Kementerian Desa dan PDTT hanya menyediakan dua hal, yaitu menetapkan prioritas penggunaan dana desa dengan menerbitkan Perppu Nomor 5 Tahun 2015 serta menyediakan pendamping desa.

Sejauh ini, lanjut Marwan, kepala daerah sudah menerima dana desa tapi belum disalurkan kepada desa-desa. Dia mengaku tengah menyederhanakan prosedur pengambilan dan penerimaan dana desa.