.

.
.

19 Mei 2015

Sukirman Siap Maju Pilkada Kabupaten Pekalongan

SEMARANG, Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah menargetkan memenangi pemelihan kepala daerah (Pilkada) di tiga kabupaten pada tahun 2015 ini. Target menang itu adalah sebagai orang nomor satu/bupati.

“PKB targetkan menang di tiga kabupaten, sebagai orang nomor satu atau bupati,”ungkap salah satu Wakil Ketua DPW PKB Jateng M Hendri Wicaksono, beberapa waktu lalu.

Ketiga daerah yang ditarget menang sebagai orang nomor satu tersebut adalah Kabupaten Demak, Wonosobo dan Kabupaten Pekalongan. Pasalnya, ditiga kabupaten tersebut, PKB menjadi partai pemenang pemilu legislatif pada 2014 lalu.

“Di Demak PKB menempati urutan suara teratas  dengan perolehan kursi 10 DPRD. Selain itu Kabupaten Wonosobo juga menjadi parpol yang memperoleh suara terbanyak dengan 8 kursi DPRD. Begitu juga Kabupaten Pekalongan, PKB memperoleh 12 kursi DPRD sekaligus sebagai pemenang pemilu legislatif,”paparnya.

Selain sebagai pemenang pemilu, untuk Demak dan Wonosobo kepala daerahnya sekarang juga berasal dari PKB. “Dua kepala daerahnya dari PKB kecuali Kabupaten Pekalongan,”katanya.


Sementara itu di luar 3 kabupaten tersebut, PKB menarget menajdi wakil bupati/wakil walikota yang pilkadanya digelar tahun ini. “Selain dari tiga kabupaten tersebut, semuanya ditarget menang di wakil bupati/walikota,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Hendri juga menyampaikan untuk balon yang akan diusung dari PKB sekarang ini sudah diproses DI DPC PKB masing masing dan di DPP PKB. Desk pilkada dimasing-masing daerah sudah menyampaikan nama yang direkomendasikan untuk menjadi balon

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Sukirman saat dikonfirmasi mengaku kalau memang ditugaskan oleh partai, dia siap untuk maju. “Kalau memang ditugasi partai saya siap,”tegasnya. Kendati demikian, pihaknya mengaku belum mendaftarkan diri untuk menjadi calon Bupati Pekalongan yang diusung PKB.

"Itu kan nanti ada prosesnya, mulai dari penjaringan calon, kemudian ikut fit and proper test di DPP. Nanti rekomendasinya kepada siapa, itu kewenangan DPP," ujar dia.

Ada beberapa kandidat yang masuk bursa calon Bupati yang akan diusung PKB Kabupaten POekalongan. mereka adalah Bisri Romli, Asip Qolbii, Sukirman, dan Qomariyah. "‎Sedangkan calon dari luar PKB, sementara ini belum ada," kata Wakil Ketua DPD PKB Jawa Tengah. ‎

Dia mengaku, terbuka untuk berkoalisi kepada sejumlah partai politik. Sejauh ini sudah ada beberapa partai yang berkomunikasi secara politik yakni PDI Perjuangan dan Gerindra. [irf]