.

.
.

12 April 2015

Gus Tutut Daftar ke PKB Rembang

Rembang,  – Dua calon bupati (cabup) Harno, anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat dan Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Tutut, anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa, mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan pendaftaran cabup dan cawabup Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Minggu (12/4) siang.

Keduanya datang ke Kantor DPC PKB dan langsung mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.

Harno yang datang pertama pada pukul 13:45, didampingi rekannya anggota DPD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Joko Suprihadi. Dia diterima oleh Koordinator Desk Pilkada PKB M Bawoto.

Setelah mengisi formulir, Harno juga memberikan pidato singkat di hadapan puluhan pengurus cabang dan ranting yang hadir di kantor DPC. Dalam pidatonya, cabup dari Partai Demokrat itu mengatakan, ada berbagai persoalan di Rembang yang membutuhkan penyelesaian dan perbaikan. ”Dalam politik juga ada kebekuan-kebekuan.

Saya ingin mencairkan kebekuankebekuan politik yang ada di Rembang,” katanya. Dia mengaku, memilih untuk mendaftar ke PKB karena untuk memperbesar peluang menang pada Pilkada 2015 mendatang. ”Tidak hanya di PKB, saja juga mendaftar ke partai lain yang sudah membuka pendaftaran.

Semakin banyak partai yang mendukung, maka peluang untuk menang lebih besar. Mohon doa restunya,” kata Ketua Komisi B DPRD ini. Sementara Gus Tutut seusai mendaftarkan diri pada pukul 14:30-an memilih untuk berdoa bersama dengan sejumlah kiai PKB. Gus Tutut kemudian juga hanya berbincang dengan kader PKB.

Desk Pilkada PKB M Bawoto mengatakan, membuka pendaftaran hingga Rabu (15/4). ”Selama empat hari dari Minggu sampai Rabu, kami berharap bisa menjaring lima cabup dan tiga cawabup. Kami sudah berkomunikasi dengan sejumlah tokoh. Mereka bersedia untuk mendaftar sampai Rabu nanti,” terang dia.

Partai Koalisi
Dia menerangkan, sebelum pendaftaran calon digelar, PKB terlebih dahulu telah mendapatkan partai koalisi. Dengan enam kursi di DPRD, PKB butuh tiga kursi untuk bisa mencalonkan cabup dan cawabup di Pilkada 2015.

Namun Bawoto enggan untuk menyebut rekan koalisi PKB di Pilkada 2015 mendatang. Beberapa spekulasi menyebut PKB telah menjalin koalisi dengan Partai Nasdem.

Namun, Partai Nasdem dikabarkan juga tengah digandeng oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). ”Intinya beberapa partai telah sepakat untuk koalisi. Namun untuk partai mana saja, PKB akan mengumumkan pada lain waktu,” katanya.

Koordinator Desk Pilkada PKB, Arif Agung Cholili menjelaskan PKB yakin bisa memenangkan Pilkada 2015. Soliditas partai terbukti lebih baik dibandingkan partai lain. Dengan pengalaman dua pemilihan sebelumnya, PKB sudah banyak belajar untuk bisa menang di Pilkada 2015.

‘“Tahun 2010, PKB muncul di pilkada untuk melawan calon yang lebih kuat. Namun di Pilkada 2015, dengan pengalaman pada dua pilkada sebelumnya, PKB yakin bisa menang,” tandasnya. (Irf)