.

.
.

29 Oktober 2014

STANDAR GAJI BURUH MENJADI PERHATIAN FPKB DPRD JATENG



Semarang, Persoalan perburuhan bukan hanya soal memperjuangkan pengupahan yang layak. Tapi juga soal standart gaji dalam struktur gaji dalam perusahaan bagi buruh yang bekerja lebih dari satu tahun.

‘’Soal pengupahan itu persoalan klasik setiap tahun tapi hal yang tak kalah penting adalah struktur gaji buruh di perusahaan bagi yang bekerja lebih dari satu tahun,’’kata Plt Kepala Dinas Nakertranspendukcapil Jateng, dalam acara Diskusi Publik Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DRPD Provinsi Jateng, “Situasi dan Problemantika Perburuhan” di Ruang FKB Lantai 4 Gedung Berlian, Rabu (29/10).



Menurutnya, upah minimum kota kabupaten itu haya diperuntukkan buruh yang memiliki masa kerja tak lebih dari satu tahun. Tapi kalau yang sudah bekerja lebih dari satu tahun harus ada standart gaji yang tercantum dalam aturan struktur gaji perusahaan.

”Jangan sampai yang bekerja sudah lima tahun tapi gajinya sama dengan orang yang baru bekerja satu tahun,”tambahnya.

Ketua FPKB DPRD Jateng, MH Wicaksono dalam sambutannya sebelum acara mengatakan, diskusi publik soal perburuhan ini menjadi bagian agenda rutin bulanan fraksi. Isu yang menjadi konsentrasi diskusi adalah persoalan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

”Kami berkomitmen ini segala persoalan yang menyangkut hajar hidup orang banyak akan kami serap aspirasinya dan diperjuangkan dalam kapasitas kami sebagai DPRD,”katanya.