.

.
.

2 Juni 2014

PKB TARGETKAN 13 KURSI PKB JATENG

Karanganyar – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, KH Muhammad Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf menyatakan dalam Pemilu 2014, partainya tengah berada dalam kondisi yang solid karena minim diguncang prahara layaknya partai politik (Parpol) lain. Bahkan PKB Jateng pun menargetkan masuk tiga besar dan memperoleh 13 kursi di DPRD Provinsi.
“Target PKB Jawa Tengah masuk tiga besar dan dapat 13 kursi, syukur kalau bisa 15 kursi. Kenapa kita optimis begitu? Karena di PKB hari ini solid dan tidak ada konflik,” kata Gus Yusuf saat ditemui wartawan usai acara Tabligh Akbar bertemakan NU untuk Indonesia, Membumikan Islam Ramah dan Damai di Lapangan Desa Karangpandan/Karangpandan, Senin (24/3) malam.
Gus Yusuf yang juga pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang ini mengaku pengurus DPW PKB Jateng sudah cukup maksimal dalam melakukan gerakan turun ke bawah untuk mengajak masyarakat memilih partai yang kental dengan nuansa ulama ini. Terutama di daerah-daerah basis warga Nahdlatul Ulama (NU).
“Insyaallah sudah maksimal. Kita berharap semua (Caleg daerah) bisa naik. Tapi tetap basis kita kan sudah jelas. Seperti di Magelang, Wonosobo, Demak, Pekalongan, Tegal, Brebes, wilayah sekitar Cilacap, dan lain-lain. Ya paling tidak lima sampai tujuh kabupatenlah,” ungkapnya.
Mengenai konflik yang terjadi di kalangan nahdliyyin, sebutan bagi warga NU, seperti di Pemilu 2009 lalu ketika Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU) ikut terjun dalam pertarungan politik, menurutnya saat ini tidak akan muncul hal serupa. Pasalnya, PKNU yang gagal lolos dalam verifikasi Parpol peserta Pemilu, kini kembali lagi bergabung dengan PKB. Degan bersatunya kembali kedua partai tersebut, ia menganggap dukungan dari kalangan nahdliyyin pun akan semakin besar.