.

.
.

2 Juni 2014

CAPRES JOKOWI SOWAN KE KYAI DAN ULAMA NU



TEMPO.CO, Jakarta - Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo alias Jokowi, akan berkunjung ke sejumlah tokoh agama akhir pekan ini, Sabtu-Minggu, 3-4 Mei 2014. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ahmad Basarah, Jokowi akan melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Kunjungan dalam rangka silaturahmi dan penguatan hubungan Jokowi dengan tokoh-tokoh Islam di berbagai pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Basarah ketika dihubungi Sabtu, 3 Mei 2014. Basarah juga mengatakan Jokowi akan berziarah ke makam para tokoh bangsa, antara lain ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid. (Baca juga: Pengurus NU Akui Prabowo Lebih Gencar Dekati Kiai)

Basarah menuturkan kunjungan silaturahmi Jokowi adalah upaya melaksanakan ajaran Trisakti Bung Karno yang ketiga, yakni membangun kepribadian bangsa yang berkebudayaan Indonesia. Tradisi silaturahmi kepada sesama tokoh bangsa dan ziarah ke makam, kata dia, bagian dari tradisi budaya bangsa Indonesia.

"Jokowi punya komitmen menjaga tradisi dan budaya bangsa yang diwariskan para leluhur," ujarnya. Cara ini dinilai efektif untuk melindungi budaya bangsa dari gempuran nilai-nilai asing yang dapat menggerus kepribadian bangsa.

Berdasarkan informasi yang diterima Tempo, Jokowi hari ini akan bertolak ke Yogyakarta. Di sana ia akan berkunjung ke ulama Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif dan berkunjung ke Taman Siswa, sekolah yang didirikan Ki Hajar Dewantoro.

Siangnya Jokowi menuju Surabaya, berkunjung ke kediaman mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa dan menuju Jombang ke Pondok Pesantren Pacul Gowang, Tambak Beras, dan Tebu Ireng. Esoknya, Jokowi menuju Rembang, Jawa Tengah, untuk berkunjung ke sejumlah ulama NU.