.

.
.

2 Juni 2014

SEMARANG-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dipastikan bakal menempati kursi pimpinan DPRD Jateng periode 2014-2019.

Kepastian ini, setelah hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, PKB meraih 13 kursi di DPRD Jateng dan Gerindra meraih 11 kursi.
PKB dan Gerindra menggusur kursi pimpinan Dewan yang sebelumnya ditempati Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, mengatakan komposisi kursi pimpinan Dewan sebanyak lima, yakni satu ketua dan empat wakil ketua.
“Lima kursi pimpinan DPRD Jateng ditempati partai politik yang menempatkan banyak anggota legislatif atau meraih kursi banyak di Dewan,” katanya keRabu (29/4).

Untuk kursi Ketua DPRD Jateng mendatang, lanjut Rukma dipastikan milik PDI Perjuangan yang meraih 27 kursi, sedang empat wakil ketua Dewan akan ditempati, PKB, Gerindra, Partai Golkar (10 kursi) dan PKS (10 kursi).
Partai Demokrat yang hanya meraih sembilan kursi  dan PAN sebanyak delapan kursi, bakal terpental dari kursi pimpinan DPRD Jateng.
“Dari hasil penghitungan sementara oleh KPU Jateng, maka kursi pimpinan DPRD Jateng mendatang akan ditempati PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Golkar, dan PKS,” ungkap Rukma.

Rukma menambahkan untuk nama-nama yang akan duduk di pimpinan Dewan, masih menunggu keputusan resmi dari KPU Jateng, tentang perolehan kursi masing-masing partai politik.

sementara menurut Ketua LPP DPW PKB Jateng Sukirman “Hasilnya saya kira tidak akan jauh berbeda dengan hasil penghitungan yang dilakukan KPU Jateng pada 23-25 April lalu. Tapi untuk kepastian menunggu pengumuman resmi KPU,” kata politisi dari PKB ini.

Sementara, anggota KPU Jateng, Wahyu Setiawan mengatakan pengumumuan resmi nama-nama calon anggota legislatif (caleg)  dan perolehan kursi masing-masing partai politik di DPRD Jateng akan dilakukan Mei mendatang.

“Kami akan mengumumkan antara 9-10 Mei mendatang. Setelah pengumuman dari KPU pusat,” ungkap dia.

Wahyu lebih lanjut menyatakan, saat ini pihaknya sedang berada di KPU pusat untuk menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi Jateng.

”Mudaha-mudahan semua berjalan lancar, tidak ada permasalahan,” harap dia.