.

.
.

23 Januari 2012

DPW PKB Jateng Akan Gelar Muswil Pada 26 Februari 2012 Mendatang

Semarang – Guna lakukan pembaharuan kepengurusan Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Tengah periode 2012 - 2016, akan gelar Musyawarah Wilayah di Semarang pada tanggal 26 Februari 2012 mendatang. 

Dikatakan oleh Ketua Pengarah Musyawarah PKB Wilayah Jawa Tengah Jamal Yazid, kegiatan muswil yang akan diadakan tersebut memiliki peran strategis untuk PKB, terutama dalam mengahadapi Pemilihan Umum 2014. 

Muswil yang akan di laksanakan nanti mengusung tema "Membangun Kebersamaan, Meraih Kemenangan Pemilu 2014" hal tersebut merupakan salah satu agenda konsolidasi rutin lima tahunan bagi PKB. Selain itu, dalam muswil tersebut juga akan dibahas evaluasi, rekomendasi politik, sekaligus pemilihan ketua dan penyusunan pengurus untuk lima tahun yang akan datang.

Yazid menambahkan, menurutnya, musyawarah tersebut akan menjadi sarana guna menyatukan kembali komponen penting partai, baik secara kultural maupun struktural. 

"Harus diakui, sejumlah komponen penting PKB terpecah setelah dinamika internal yang cukup panjang," kata Jamal yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah itu.



Yazid juga berharap, dengan digelarnya musyawarah wilayah ini nantinya, dapat menghilangkan sekat – sekat perbedaan yang selama ini muncul. Selain itu diharapkan pula adanya terobosan-terobosan penting dalam muswil nanti. Antara lain, melakukan evaluasi total dan memberikan rekomendasi politik serta keputusan-keputusan yang berperspektif.

"Intinya muswil harus berani mengumpulkan kembali balung pisah, membangun partai dengan kebersamaan, dan menghilangkan sekat-sekat perbedaan. Muswil akan merekomendasikan bahwa ajang kebersamaan menjadi syarat mutlak membangun partai. Tidak akan ada lagi faksi-faksi,  kelompok-kelompok, ataupun persaingan antar-kroni. Kebersamaan menjadi syarat mutlak membangun partai. Pemilu 2014 merupakan kompetisi yang sangat berat yang harus dihadapi PKB dengan kebersamaan," tegas Yazid yang juga Ketua FPKB DPRD Jateng ini.

Menurut Yazid, dengan waktu yang kini tinggal tersisa 2,5 tahun ini, baginya harus benar – benar dapat dimanfaatkan dengan baik guna menyatukan kembali seluruh elemen PKB yang sempat terpisah. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Organizing Committee Sukirman. Menurutnya, Pemilu 2014 yang tinggal 2,5 tahun lagi ini nerupakan menjadi momentum penting bagi PKB. Kompetisi yang sangat berat harus dilalui dengan kebersamaan. Tanpa kebersamaan dan rekonsiliasi total, maka akan mustahil PKB akan dapat berbuat banyak dalam pemilu. Muswil akan memutuskan ke arah sana.

"Kuncinya kebersamaan dan rekonsiliasi," tuturnya.

Sukirman menambahkan, Indikator kesuksesannya adalah, dilihat dari sisi penyelenggaraan dan produk keputusan muswil. 

"Muswil akan diikuti seluruh pengurus DPC PKB (cabang) dari 35 kabupaten/kota, serta badan otonom PPKB dan Garda Bangsa," ungkap Sukirman yang juga Sekretaris Komisi C DPRD Jateng ini.