.

.
.

22 Februari 2011

2014 PKB JATENG TARGETKAN 15 KURSI DPRD JATENG

SEMARANG- Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jateng mematok target mengembalikan perolehan kursi di DPRD pada pemilu 2014 mendatang seperti pada pemilu 2004, yakni 15 kursi.

Namun akibat kisruh internal, perolehan partai itu pada pemilu 2009 menurun menjadi sembilan kursi. Sekretaris DPW PKB Jateng Fuad Hidayat optimistis partainya bisa kembali jaya seperti sebelumnya. Selain situasi internal yang sudah kondusif, pihaknya sejak dini telah mulai melakukan pendekatan secara intensif ke kalangan bawah.



“Kami ingin PKB Jateng bisa berjaya seperti pemilu sebelumnya, dan optimistis raihan 15 kursi bisa tercapai pada pemilu 2014,” kata Fuad ketika berkunjung ke kantor Suara Merdeka Jl Pandanaran, Senin (21/2). Rombongan pengurus DPW diterima langsung CEO Suara Merdeka Group, Kukrit SW. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPW PKB Jateng Sukirman, Sekretaris Dewan Syuro Jamal Yazid, Wakil Ketua DPW PKB Jateng Chamim Irfani, Wakil Ketua DPW Zein Adv, Ketua PPKB Jateng Rosidah, Wakil Ketua Garda Bangsa M Nurwin, KH Samsul Maarif, dan Nauval Najib (F-PKB).



Fuad, yang juga ketua Komisi A DPRD Jateng, mengakui, akibat konflik internal, pada pemilu 2009 perolehan suara secara nasional maupun di Jateng mengalami penurunan.
Hal itu tak lepas dari pecahnya suara PKB karena tak sedikit yang menyeberang ke partai lain. Pada pemilu 1999, PKB Jateng meraih 16 kursi dan menjadi 15 pada pemilu 2004.

Sementara Sukirman menyatakan, berbagai upaya telah dirintis pengurus DPW guna mengembalikan perolehan suara partainya pada pemilu mendatang. Salah satu upaya adalah dengan mengubah pola pendekatan yang dilakukan terhadap masyarakat.

Dulunya, pendekatan yang dilakukan adalah dari atas ke bawah, namun saat ini di balik dari bawah dengan tujuan meningkatkan peran optimal dari kader.



Kukrit SW berharap, PKB yang saat ini didominasi tokoh-tokoh muda bisa berperan dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Jateng. Guna mewujudkan peran tersebut, legislator dari PKB diminta kritis dan berani bicara lugas apabila terjadi penyimpangan yang dilakukan pemerintah. “Peran dewan sangat penting dalam memajukan Jateng. Jadi kalau ada program yang memang berguna bagi masyarakat, harus didukung,” terangnya.


Kukrit juga berharap, kalangan dewan mendukung upaya kewirausahaan di kalangan masyarakat dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan. Organisasi partai, lanjutnya, bisa berperan dalam pengembangan wirausaha dengan mensosialisasikan sejak dini. (H23-43)