.

.
.

6 November 2010

Dana Abadi Umat Diusulkan Bantu Korban Bencana


Liputan6.com, Jakarta: Dana Abadi Umat (DAU) yang dikumpulkan dari calon haji seharusnya digunakan pula untuk membantu penanganan korban bencana alam. "Saat ini dana abadi itu tidak jelas penggunaannya. Itu kan dana umat dan tentunya umat yang menyetorkan dana abadi itu juga akan setuju kalau dana itu digunakan untuk membantu umat," kata Thamrin Amal Tamagola, pengamat sosial dari Universitas Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.


Seiring dengan itu, Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding akan meminta menteri keuangan segera mencairkan dana tanggap darurat Rp 150 miliar untuk penangangan bencana. Saat ini dana penanganan bencana yang ada masih Rp 50 miliar dan jika ditambah anggaran tambahan sebagai dana on call sebesar Rp 150 miliar yang belum cair, maka tentu itu akan sangat membantu.

"Saya juga meminta BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk segera mengevakuasi ternak dan berkoordinasi dengan aparat keamanan melarang semua pengungsi dengan alasan apapun untuk kembali ke lokasi bencana," kata Abdul Kadir.(ULF)