.

.
.

5 September 2010

PKB Jateng Sambut Pemudik dengan POSKO Lebaran

SEMARANG- Jateng adalah provinsi yang banyak dituju ataupun dilintasi para pemudik. Tak heran, di berbagai tempat strategis, baik instansi pemerintah, organisasi swasta, maupun partai politik mendirikan posko Lebaran guna membantu para pemudik.

Salah satunya didirikan DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng di kantor DPW di Jl Raya Mangkang, Tugu, Kota Semarang. Posko tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PKB Jateng Abdul Kadir Karding, Minggu (5/9). Agak beda dari lainnya, posko tersebut menyediakan layanan pijat gratis.

Layanan itu memancing minat pemudik untuk mampir. Begitu posko dibuka, sekitar 10 sepeda motor yang dinaiki pemudik dari Jakarta masuk untuk memanfaatkan layanan itu. Mereka lantas dipijat dua tukang pijat yang disewa DPW PKB.

Selain pijat gratis, pemudik juga mendapat makanan dan minuman serta tempat istirahat yang representatif. Menurut rencana posko akan dibuka hingga H+7 atau saat berakhirnya arus balik. Ketua DPW Abdul Kadir Karding mengatakan, pihaknya juga menyediakan sebuah ambulans lengkap dengan petugas medis.
“Posko buka 24 jam selama Lebaran dan bisa dimanfaatkan para pemudik untuk istirahat,” kata Karding yang didampingi Wakil Ketua DPW Sukirman dan sejumlah pengurus DPW serta DPC Kota Semarang.

Jalur Pantura

Karding yang juga ketua Komisi VIII DPR menambahkan, pihaknya juga telah meminta seluruh DPC di tingkat kabupaten/kota untuk mendirikan posko serupa. Dia meminta petugas posko untuk tidak memungut biaya apa pun, termasuk menolak pemberian tips dari pemudik. “Semua kebutuhan posko sudah dicukupi DPW, jadi jangan terima apapun dari pemudik,” katanya.

Sementara itu, sepeda motor mulai mendominasi arus lalu lintas di jalur pantura Pekalongan. Berdasarkan catatan pos traffic counting Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pekalongan di jalur pantura Siwalan, Pekalongan, pada Minggu (5/9) pukul 06.00-24.00 sebanyak 15.010 sepeda motor melintas dari arah barat.

Agung Tri Handoyo, penanggung jawab pos traffic counting menuturkan, jumlah mobil pribadi yang lewat 5.672 unit, angkutan barang 1.813, dan bus 744.

Dari arah timur pada jam yang sama jumlah motor yang melintas 4.770, disusul mobil pribadi 1.913, angkutan barang 1.468, dan bus 882. Selepas pukul 14.00, dari arah barat konvoi bus rombongan pemudik dari perusahaan swasta yang mengadakan acara mudik bareng mulai melintas. (H23,H30,K21-59)