.

.
.

14 Juni 2010


Karding: Biaya Penerbangan Haji Turun

Senayan - Panja BPIH Komisi VIII dan Kementerian Agama berhasil mencapai kesepakatan dengan Garuda terkait dengan penurunan komponen biaya penerbangan haji tahun 1431H/2010M. Penurunan biaya penerbangan haji itu sebesar 51 dolar AS. Penawaran awal Garuda sebesar 1,779 dolar AS dan akhirnya disepakati menjadi 1,728 dolar AS.

"Ada kesepakatan penurunan biaya penerbangan dari awal 1,779 dolar AS, akan diturunkan tadi disampaikan oleh Pak Emir (Dirut PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar, red) 1,728, itu masih diturunkan lagi. Soal berapanya masih akan dinegosiasikan lagi antara Kementerian Agama dan Garuda," kata Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/6).

Meskipun sudah turun sebesar 51 dolar AS, menurutnya, DPR masih mengupayakan untuk menurunkan lagi. Akan tetapi angka penurunnya masih dinegosiasikan. "Ada penurunan sebesar 51 dolar AS, itu pun kita masih menyepakati untuk menurunkan lagi, cuma angkanya belum ketemu. Jadi sekarang posisinya bukan 1,779 tapi 1,728," jelasnya.

Rapat koordinasi antara Tim Kecil Panja BPIH Komisi VIII DPR, Kementerian Agama, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan Garuda, lanjut Karding juga menghasilkan kesepakatan bahwa seluruh maskapai yang mangajukan proposal harus diberikan kesempatan yang sama untuk diproses oleh Kementerian Agama sebagai yang memiliki kewenangan.

"Jadi ada dua poin itu yang disepakati untuk komponen penerbangan. Untuk resminya kita mengumumkan berapa turunnya dari 1,728 dolar AS itu, tentunya setelah raker dengan Menteri Agama tentang penetapan BPIH. Tapi saya sih menghitungnya bisa sampai 4 dolar atau lebih lagi turunnya." ujarnya.

Karena pembahasan komponen indirect cost belum selesai, lanjut Karding, maka penetapan BPIH akan dilakukan antara tanggal 16-17 Juni 2010, karena masih harus melanjutkan pembahasan komponen indirect cost BPIH.

Secara terpisah, Menteri Agama Suryadharma Ali membenarkan adanya kemungkinan penurunan lebih dari 51 dolar AS pada biaya penerbangan haji. "DPR dan pemerintah pada dasarnya sepakat adanya penurunan biaya haji saat ini tinggal optimalisasi penurunan itu, angka sampai berapa penurunan itu masih dibahas," kata seusai rapat koordinasi dengan Tim Kecil Panja BPIH Komisi VIII DPR RI. (Source: Jurnal Parlemen, nof/zik)