.

.
.

15 Mei 2010

FPKB Prihatin Atas Meningkatnya Angka Pengidap HIV di Semarang



Jakarta - Meningkatnya angka pengidap HIV di Kota Semarang, Jawa Tengah mengundang simpati anggota Komisi IX DPR RI dari FPKB, Chusnunia, yang membidangi masalah kesehatan.

“Memprihatinkan dan sangat disesali ya, saya kira Pemda setempat perlu melakukan sinergi dengan lembaga kesehatan pemerintah dan LSM yang memiliki perhatian lebih pada kasus kesehatan seperti ini,” tutur Chusnunia kepada PKB Online, Jum’at (14/05).

Lebih lanjut Chusnunia berpendapat, keterbasan informasi masyarakat mengenai penyebab penyakit yang mematikan ini menjadi salah satu pemicunya. “Belum banyak yang tahu asal muasal penyakit ini. Saya rasa kurangnya sosialisasi dari Dinas Kesehatan setempat jadi salah satu faktor utamanya,” katanya.

Perlu diketahui, angka pengidap HIV di Kota Semarang berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam kurun waktu tiga bulan ini bertambah 86 orang. Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Tatik Suyarti.

“Sebelumnya, jumlah penderita HIV di Kota Semarang selama tahun 1993 hingga 2009 tercatat sebanyak 997 orang, 115 orang penderita AIDS, dan 25 orang di antaranya telah meninggal dunia,” katanya. (Rif).